Bismillah
Al-Qur’an sebagai petunjuk telah terbukti eksistensi nya dari
sekian banyak pakar yang menguji keotentikan nya dari berbagi sisi, tak hayal
beberapa kalangan orientalis yang terus berusaha mencari kekurangan-kekurangan
nya tak dapat mereka temukan dalam kitab suci ini, justru tidak sedikit dari
mereka yang mendapatkan hidayah berkat kajian kritik nya terhadap al-Qur’an.
Hal-hal tersebut telah disebutkan dalam beberapa redaksi ayat yang menyatakan
kemampuan manusia tidak akan mampu untuk menyaingi al-Qur’an baik dari sisi
manapun baik itu sastra, linguistik, sejarah, filsafat dan lain nya. Karena itu
pula para ulama sepakat bahwa al-Qur’an adalah kitab suci yang selalu dapat
diterima isi kandungan nya pada setiap tempat dan setiap zaman sebagai kitab
panduan kehidupan manusia.
Dalam beberapa literatur sejarah mengatakan bahwa al-Qur’an telah
mengalami proses panjang dalam periwayatan nya pada setiap masa. Dimulai dari
masa kenabian, sahabat, tabi, tabiin, hingga pada masa kita hari ini. Pada masa
tabi’ ataupun tabi’in merupakan masa puncak dimana al-Qur’an telah
diklasifikasikan dalam beberapa qiraah guna lebih memudahkan masyarakat islam
saat itu dalam mengkaji nya. Dari kemudahan-kemudahan itu pula lah -berkat
ridha Allah swt- lahir lah beberapa disiplin ilmu-ilmu baru yang menjadikan
qiraah al-Qur’an sebagai objek utama dalam kajian nya.
Lalu kemudian pada masa penyebaran qiraah al-Qur’an pada masa
khalifah, kota Basrah (Iraq) termasuk dalam beberapa kota yang menjadi tujuan
penyebaran mushaf al-Qur’an karena dianggap sebagai salah satu tempat pusat
kajian ilmu pengetahuan keislaman, kebudayaan, dan juga perdagangan yang cukup
pesat kala itu, tak hayal banyak pula ulama yang lahir dari kota ini, termasuk
di dalam nya Abu ‘Amru bin al-‘Ala bin ‘Ammar bin al-‘Uryan bin Abdullah bin
al-Husain al-Mazini at-Tamimi atau lebih dikenal dengan Imam Abu Amr al-Basri. Beliau lahir di Mekkah
sekitar tahun 68 atau 70 H lalu meninggal di Kufah sekitar pada tahun 154 H. Beliau
juga termasuk dalam golongan tabiin. Beliau pernah mendengar langsung hadis
dari para sahabat salah satu nya adalah sahabat Anas bin Malik.
Dalam perjalanan intelektual nya imam Abu Amr dikenal dengan imam
yang memiliki banyak guru, hingga jika dibandingkan dengan para imam qiraah
yang lain beliau memiliki guru yang paling banyak. Masa kecil beliau telah
banyak belajar qiraah al-Qur’an dari para ahlulqura di Mekkah dan Madinah dan
juga banyak berguru kepada ahlulqurra Basrah dan kufah. Dengan perjalanan
keilmuan beliau dan keberkahan ilmu nya itulah hingga beliau menjadi masyhur
dikalangan para ulama sebagai imam besar dalam bidang qiraah al-Qur’an di kota
basrah. Hingga seorang ahli Hadist Sufyan bin ‘Uyainah pernah berkata: aku
pernah bertemu Rasulullah Saw dalam mimpiku dan aku berkata kepada beliau “Ya
Rasulallah sesungguhnya banyak perbedaan qiraah dalam membaca al-Qur’an, maka
qiraah yang manakah yang engkau anjurkan kepadaku untuk membacanya? Beliau
menjawab: “bacalah dengan qiraah nya imam Abu Amr bin ‘Ala”.
Selain pakar dibidang qiraah beliau juga pakar dibidang bahasa arab
dan fiqh terbukti banyak dari kalangan murid nya yang menjadi pakar dibidang
tersebut seperti Imam Sibawaihi, Yahya bin al-Mubarak al-Yazidi, Yunus bun
Habib dan juga Khalil bin Ahmad dibidang Nahwu. Selain dibidang ilmu Nahwu
beliau juga banyak mengajarkan ilmu Adab (Syair-syair arab), beberapa murid nya
diantara nya Abu Ubaidah bin Muammar bin al-Mutsanna, al-Ashmu’i dan juga Muadz
bin Muslim al-Nahwi.
Dalam transmisi periwayatan nya beliau memiliki dua orang yang
masyhur dalam meriwayatkan bacaan beliau. Mereka adalah:
Hafs bin Umar bin Abdu al-‘Aziz bin Shuhban bin ‘Adi bin Shuhban
bin ad-Duri al-Azdi al-Bagdadi atau lebih dikenal dengan imam ad-Duri. Beliau
lahir ad-Dur (sebuah wilayah di Bagdad yang juga dinisbatkan menjadi nama
beliau) pada tahun 150 H dan wafat pada bulan Syawal 246 H. Dalam transmisi
periwayatan, selain meriwayatkan bacaan dari imam Abu Amr beliau juga meriwayatkan
bacaan dari imam qiraat al-Kisai. Akan tetapi dalam transmisi periwayatan
qiraah bacaan beliau kepada gurunya imam Abu Amr tidaklah secara langsung (bi
Wasithah) melainkan melalui perantara guru nya Yahya al-Yazidi.
Dalam perjalanan intelektual nya beliau banyak belajar qiraah
kepada imam Nafi’, imam Hamzah, imam Kisai dan juga kepada ahlulqurra yang
lain. Selain seorang ahlulqurra beliau juga merupakan seorang ulama besar
khusus nya di daerah Iraq. Banyak menulis kitab kitab hingga beliau dikenal
sebagai orang pertama yang menyusun dan mendokumentasikan ilmu qiraat al-Qur’an.
Shaleh bin Ziyad bin Abdullah bin Ismail bin Ibrahim bin Ibrahim
bin al-Jarud as-Susi atau lebih dikenal
dengan imam as-Susi. Beliau lahir pada tahun 170 H dan meninggal pada tahun 261
H di ar-Raqqqah, Syam pada usia 90 Tahun. Nama as-Susi sendiri dinisbatkan pada
sebuah daerah “Sus” di kota Ahwaz (terletak di sebelah selatan kota Iran). Dalam
transmisi periwayatan qiraah bacaan beliau kepada gurunya imam Abu Amr tidaklah
secara langsung, sama seperti imam ad-Duri (bi Wasithah) melainkan
melalui perantara guru nya Yahya al-Yazidi. Dalam pandangan para ahlulqurra
beliau dikenal memiliki kekuatan hafalan yang kuat dan keilmuan yang luas, hal
itu terbukti selain beliau seorang ahli dibidang qiraah, beliau juga ahli
dibidang hadist, beliau juga banyak belajar fikih, nahwu dari Sufyan bin ‘Uyainah
dan para ulama besar lain nya. Sehingga dengan kapabelitas dan kredibiltas
itulah beliau masyhur dikalangan para ulama.
Allahu
A’lam
Kairo.
Sabtu 27 Juli 2020
.
Referensi :
-Abdu al-Fattah al-Qhadi, Tarikhu al-Qurra’ al-Asyar wa Ruwatuhum, Kairo : Maktabah al- Qahirah, cet: pertama. 1998
-Syamsuddin Abi al-Khaer Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin ‘Ali bin Jazary, Ghayatu an-Nihayah fi Thabaqat al-Qura’, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Alamiyah, Cet: Pertama, 2006.
-Abdu al-Fattah al-Qhadi, Al-Wafi fi syarh As-Syatibiyyah, Kairo: Dar as-Salam, cet: ketiga, 2018.
-Id Wikipedia.org.
Luar biasa ilmunya adek gantengku..barakka hidup ta ndi magaretta
BalasHapus